Sabtu, 28 Mei 2016

DIVISI-DIVISI PENGGERAK TIM PKM



Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Politeknik Negeri Bandung (TIM PKM POLBAN) merupakan salah satu wujud nyata pelaksanaan tridharma perguruan tinggi poin ketiga.
            Pergerakan kami dituangkan ke dalam 3 divisi, yaitu Rumah Pintar (RUPIN), Book For Jabar (BFJ), dan Mahasiswa Tanggap Bencana (MAHAGANA).
1. RUPIN (RUMAH PINTAR)
Rumah Pintar (RUPIN) adalah tempat berbagi ilmu dengan anak-anak sekolah dasar. Kegiatan di rupin ini dibagi menjadi 2, yaitu rupin internal dan rupin eksternal. Rupin internal meliputi kegiatan belajar mengajar dan membantu adik-adik sekolah dasar di sekitar daerah Ciwaruga dalam mengerjakan tugas sekolah mereka. Rupin eksternal (Rupin on The Road) adalah kegiatan yang dilaksanakan untuk anak-anak di luar lokasi Rumah Pintar. Kegiatan ini meliputi outbound, games edukatif, dan trauma healing.
2. BFJ (BOOK FOR JABAR)


Book For Jabar (BFJ) yang terinspirasi dari Book For Mountain yang dimiliki oleh Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, divisi ini meliputi kegiatan pembangunan perpustakaan di sekolah dasar atau sederajat yang terletak di daerah-daerah terpencil yang berada di Jawa Barat. Keberadaannya sendiri ditujukan untuk meningkatkan minat membaca terutama pada anak-anak di daerah terpencil di Jawa Barat yang memiliki akses sangat minim terhadap perpustakaan. Buku-buku yang terdapat di perpustakaan tersebut berupa buku pengetahuan umum, serial tokoh, cerita anak, cerita rakyat, dongeng, dan ensiklopedia.
3. MAHAGANA ( MAHASISWA TANGGAP BENCANA)

Mahasiswa Tanggap Bencana (MAHAGANA) merupakan program sekaligus divisi tersendiri dari Tim PKM yang bergerak di bidang reaksi cepat tanggap bencana. Divisi ini bertujuan untuk membantu korban bencana alam yang terjadi di berbagai daerah, bantuan yang diberikan pun beragam baik berupa tenaga maupun kebutuhan dasar para korban bencana seperti sembako, pakaian, alat-alat kebersihan, dan uang tunai. Beberapa lokasi bencana yang pernah dieksekusi antara lain Pangalengan, Majalengka, Tasikmalaya, Baleendah, Cililin, Subang, Garut, Indramayu, dan Sukabumi. Selain itu, Mahagana juga melakukan kegiatan yang bersifat peduli lingkungan seperti Ciwaruga Bersih.

 

0 komentar:

Posting Komentar

 
TENTANG TIM PKM Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template